Kamis, 28 Oktober 2010

JENIS – JENIS PEGANGAN RAKET ( GRIP )

Share this history on :
follow my twitter : https://twitter.com/SepriPutraA 

Cara memegang raket merupakan salah satu bagian dari tekhnik memukul. Jenis pegangan sangat berpengaruh terhadap hasil pukulan raket. Ada beberapa jenis pegangan raket yang lazim digunakan para petenis. Dan jenis pegangan itu yaitu sebagai berikut :

1. Hammer Grip
2. Eastern Forehand Grip
3. Eastern Backhand Grip
4. Western Grip
5. Semi Western grip
6. Western Extreme Grip
7. Two Handed Grip

Sebelum mengetahui atau menggunakan jenis pegangan, harus terlebih dahulu mengetahui pegangan yang tepat dan benar,maka perlu diperhatikan cara sebagai berikut :
1 Peganglah raket dengan salah satu tangan , tangkai raket mengarah ke badan atau belakang.
2 Letakkan tangan Lain ( yang akan memegang raket ) di tangkainya, dan menempatkan pada posisi yang tepat. Usahakan tidak terlalu depan atau kebelakang.
3 Perhatikan sudut atau sisi datar pada tankai raket ,dan tempatkanlah pada posisi yang diinginkan.
4 Cara menempatkan posisi telapak tangan adalah dengan cara menempatkan hurup V yang terbentuk antara jempol dengan jari telunjuk pada sudut atau pada sisi datar tangkai raket yang didinginkan.
5 Genggamlah raket dengan keempat jari –jari tangan melingkari tangkai raket, dan ibu jari tangan mencengkram dari arah berlawanan.
6 Jika memegang dengan dua tangan, tempatkanlah tangan satunya seolah olah menyatu dengan tangan utama.


A. Hammer Grip

Hammer grip merupakan cara memegang raket seperti memegang martil (hammer ). Hurup V yang terbentuk antara jempol dengan jari telunjuk ditempatkan pada sisi datar antara sudut delapan dengan sudut satu. Jika raket dipegang dengan posisi ini, maka permukaan daun raket persis tegak pada sisinya membentuk sudut 90 derajat dengan lapangan. Pegangan ini juga sering disebut Continental Grip, karena pegangan ini dulu digunakan orang –orang Eropa.

Pegangan ini banyak digunakan para petenis masa lalu,karena memungkinkan untuk melakukan bermacam – macam pukulan. Pegangan ini bisa untuk servis, groundstroke, forehand, back hand, volley dan pukulan lainnya. Namun pada saat ini pegangan ini lebih sering digunakan untuk pukulan volley dan services. Karena sesuai temuan terakhir pegangan raket akan memberikan beda hasil maksimal pukulan dari tiap jenis pukulan.

B. Eastern Forehand Grip

Pegangan ini dipopulerkan oleh masyarkat Amerika Timur. Jenis pegangan yang digunakan untuk pukulan groundstroke forehand. Cara pegangan ini dengan cara menempatkan hurup V yang terbentuk antara jempol dan telunjuk pada sudut nomor satu, sehingga kalau genggaman sudah dilakukan maka posisi raket sedikit miring ke kiri ( condong kedalam ).



C. Eastern Backhand Grip

Pegangan raket ini digunakan untuk memukul groundstroke backhand. Cara memegang raket dengan caramenempatkan hurup V yang terbentuk antara jempol dengan telunjuk pada sudut delapan. Jika digenggamkan maka posisi permukaan daun raket sedikit miring ke kanan ( condong keluar ).



D. Western Grip
Pegangan ini dipopulerkan oleh masyarakat Amerika Barat. Cara memegang raket dengan cara ini adalah dengan cara menempatkan hurup V yang terbentuk antara jempol dan telunjuk pada sisi datar antara sudut dua dengan sudut tiga, sehingga kalau genggaman sudah dilakukan maka posisi permukaan daun raket menghadap ke lapangan ( seprti telungkup. Pukulan ini sangat cocok untuk pukulan Groundstroke forehand, terutama bola-bola tinggi.


E. Semi Western Grip

Pegangan semi western grip merupakan modifikasi dari western grip. Modifikasi dilakukan dengan menggeser letak posisi pegangan. Caranya menempatkan hurup V yang terbentuk antara jempol dengan telunjuk sudut dua, sehingga kalau genggaman sudah dilakukan , maka posisi permukaan raket miring kekiri kurang lebih 45 derajat. Pegangan ini biasa digunakan untuk groundstroke forehand.



F. Western Extreme Grip


Western extreme grip merupakan modifikasi dari pegangan western grip, akan tetapi lebih ekstrim. Cara memeggangnya adalah dengan menempatkan hurup V yang terbentuk antara jempol dengan telunjuk pada sudut tangkai raket, sehingga kalau genggaman sudah dilakukan, maka posisi permukaan raket miring kekiri kurang lebih 45 derajat. Pegangan ini banyak digunakan pada pukulan grounddtroke forehand.



G. Two Handed Grip
Two handed grip adalah cara memegang raket dengan menggunakan kedua tangan. Jari – jari dari kedua tangan menggenggam tangkai raket secara bersamaan dengan mendekatkan keduanya. Tangan utama diletakkan pada bagian belakang dan tangan lainnya menopang sebelah depan. Tangan uatama yang dimaksud adalah tangan yang memegang raket saat servis atau smash.
Pegangan ini sangat cocok untuk pukulan groundstroke backhand.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar