Sabtu, 24 Maret 2012

contoh laporan praktek melatih

Share this history on :

BAB I

PENDAHULUAN

A. Deskripsi Pelaksanaan Praktek Melatih

Univesitas Negeri Padang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan yang propesional di bidangnya, guna melancarkan tugas dan pekerjaannya sebagai seorang pendidik.

Fakultas ilmu keolahragaan merupakan salah satu fakultas yang ada di UNP yang terdiri dari beberapa jurusan, di antaranya jurusan pendidikan kepelatihan olahraga. Dengan tujuan menghasilkan tenaga pendidik, yang tidak hanya bisa menjadi seorang guru namun juga bisa menjadi seorang pelatih olahraga yang berkompetensi. Untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan tersebut maka dituntut kepada mahasiswa agar dapat memiliki keahlian dan kemampuan yang spesifik disalah satu cabang olahraga.

Salah satu pencapaian tujuan di bidang pelatih diadakan praktek melatih yang dikhususkan untuk mahasiswa jurusan kepelatihan yang nantinya ilmu yang telah di pelajari mampu diaplikasikan di lapangan.

Aspek aspek yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pelatih adalah pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang dapat di contohkan untuk masyarakat luas. Untuk mendapatkan hasil yang dapat baik maka harus ada kerja sama antara pihak yang terkait, yang saling berkontribusi . Untuk itu praktek melatih merupakan sarana yang tepat untuk pencapaian itu. Dalam melakukan praktek melatih dibutuhkan tempat yang tepat untuk pencapaian proses pembelajaran melatih. Salah satu tempat yang baik untuk melakukan praktek melatih yaitu di salah satu klub tenis dibawah wadah Universitas Negeri Padang sendiri. Di UNP terdapat satu klub tenis yang bernama klub Pelatihan Tenis Lapangan (PTL) UNP. Di klub PTL UNP ini mahasiswa dapat melakukan praktek melatih yang di bimbing oleh dosen pembimbing sesuai dengan teori yang telah di dapat di bangku perkuliahan.

B. Observasi

Sebelum melaksanakan praktek melatih, terlebih dahulu melakukan observasi pada klub pelatihan tenis lapangan UNP dengan tujuan untuk mencari masukan data yang dapat di perlukan di saat praktek melatih.

Adapun informasi yang didapat di klub PTL UNP di antaranya :

  1. Struktur Kepengurusan

Untuk kelancaran kegiatan dalam suatu klub di perlukan pembagian tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan masing-masing supaya tercapai tujuan yang di inginkan.

Pada klub PTL UNP telah terbentuk kepengurusannya, Struktur kepengurusan Klub PTL UNP sebagai berikut :

a. Ketua

b. Wakil Ketua

c. Sekretaris

d. Bendahara

e. Pelatih

f. Dan dibantu oleh beberapa seksi

  1. Sarana dan Prasarana

Untuk kelancaran proses latihan di klub PTL UNP telah tesedia diantaranya :

a. Lapangan tennis berjumlah 4 buah, Selasa dan Jumat pada jam 15.30-18.00 digunakan 2 lapangan dan pada hari Minggu jam 07.30-11.00 digunakan dua lapangan.

b. Bola tenis berjumlah 100 buah

c. Net 4 Buah

d. Keranjang bola 2 buah

e. Pembersih lapangan

f. Kafetaria

g. WC

h. Tempat parkir dan lain-lain.

i.

  1. Pelatih

Pelatih di klub Pelatihan Tenis Lapangan UNP dari dosen-dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan ( FIK ) dan dibantu oleh mahasiswa, dosen-dosen yang menjadi pelatih di antaranya :

a. Drs.Hendri Irawadi,M.Pd

b. Drs.Masrun, M.Kes

c. Rozi Marzeki, Spd

Namun yang aktif sebagai pelatih di klab PTL UNP ini adalah Drs.Hendri Irawadi,M.Pd dan Rozi Marzeki, Spd.

  1. Atlet

Atlet yang berada di PLT UNP sekarang adalah :

No

Nama

Usia

JenisKelamin

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

Alika

Irdan

Zakky

M.Thoriq Alim

Said Alghffari

Gusnita Pramita Sari

Salsabila Hamala Sakinah

Ega

Edo

Daru

Naufal

Teti

Rama

Nurul

Indah

Rabggi Haimul Insan

Indri Wulan Dari

Gamma Haddyoga Darwin

Alfa Harroyogadarwin

Gilang Rahmatul Hakim

Fikri Hasbi

Ismail Alim

Bima

Eka

9 th

12 th

9 th

15 th

15 th

15 th

12 th

18 th

15 th

9 th

12 th

15 th

9 th

16 th

12 th

22 th

21 th

20 th

20 th

18 th

18 th

20 th

20 th

15 th

Perempuan

Laki – laki

Laki – laki

Laki – laki

Laki – laki

Perempuan

Perempuan

Laki – laki

Laki – laki

Laki – laki

Laki – laki

Perempuan

Laki – laki

Perempuan

Perempuan

Laki – laki

Perempuan

Laki – laki

Laki – laki

Laki – laki

Laki –laki

Laki – laki

Laki- laki

Perempuan


BAB II

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DALAM PRAKTEK MELATIH

A. Faktor-Faktor yang Mendukung Dalam Praktek Melatih

Selama praktek melatih berlangsung penulis banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Semua itu tidak terlepas dari partisipasi dan bantuan yang di berikan dari berbagai pihak baik bantuan materi maupun non materi demi tercpainya tujuan yang telah di tetapkan.

Adapun pihak yang telah membantu antara lain :

  1. Pembimbing

Dari apa yang penulis alami dan rasakan bahwa peranan dari dosen pembimbing sangat besar di antaranya:

a. Memberikan dan mengarahkan, proses atau tahapan dari melaksanakan praktek melatih

b. Memberikan motivasi yang tinggi untuk melaksanakan praktek melatih sehingga muncul rasa percaya diri

c. Tempat konsultasi dan diskusi yang berkaitan dengan kegiatan praktek melatih.

  1. Pamong

Didalam merealisasikan program latihan serta dalam menghadapi atlet penulis banyak mendapatkan bantuan dan pengarahan serta pangalaman dari pamong. Disamping itu juga penulis di berikan kepercayaan dan perhatian untuk menerapkan satuan latihan yang telah di buat.

Setelah melaksanakan latihan dilakukan diskusi dan evaluasi tentang apa yang ditulis dan lakukan selama memberikan latihan. Dengan adanya kegiatan diskusi dan evaluasi tersebut sehingga kesalahan yang terjadi dapat di ubah pada latihan berikutnya.

  1. Atlet

Dari atlet, penulis mendapatkan pengalaman melatih dari kondisi atlet yang berbeda-beda baik itu barupa latar belakang keluarganya, ekonomi dan lain sebagainya yang pada umumnya dari kalangan menengah ke atas.

  1. Orang Tua Atlet

Sebagai pendukung kelancaran proses latihan bagi anak, dimana mereka memberikan motivasi dan respon yang positif terhadap mahasiswa yang melakukan praktek melatih di Klub PTL UNP untuk prestasi putra/putrinya

B. Kendala-Kendala yang Ditemui

Selama melakukan praktek melatih penulis dapat melaksanakan dengan lancar, namun ada beberapa hambatan yang penulis temui antara lain :

1. Terbatasnya Penggunaan Lapangan

Penjadwalan pemakaian lapangan tidak berjalan baik di karenakan tidak tegasnya pengelola lapangan dalam pengatur waktu antara Klub PTL UNP dengan penyewa lapangan.

Pemakaian lapangan oleh PTL UNP memang pada saat karyawan dan dosen-dosen UNP berolahraga sehingga lapangan yang dapat digunakan pada jam 16.00-18.30.

2. Kurangnya Motifasi Dan Disiplin Sebahagian Atlet

Didalam melakukan suatu latihan dituntut motivasi dan kedisiplinan atlet. Tanpa adaya motifasi dan kedisiplinan atlet akan mengganggu program latihan yang sedang berlangsung.

3. Realisasi Program Yang Di Buat Tidak Sesuai Dengan Yang Diinginkan.

Hal ini di sebabkan oleh kamampuan atlet yang berbeda-beda serta palaksanaan latihan yang sesuai dengan breaking point masing-masing atlet.

C. Altenatif Pemecahan Masalah

Sesuai dengan hambatan dan kendala-kendala yang di temui dalam praktek melatih, maka penulis melakukan usaha-usaha yang mengarah kepada perbaikan dengan cara sebagai berikut :

1. Terbatasnya penggunaan lapangan

Usaha yang di lakukan dengan mengadakan pendekatan dengan pemakai lapangan yang tidak disiplin serta mengotimalkan satu lapangan dengan cara melakukan latihan secara bergantian dan latihan yang dilakukan jam latihan di percepat.

2. Kurangnya motivasi dan disiplin sebahagian atlet

Melakukan pendekatan melalui nasehat serta penghargaan kepada atlet, memberikan latihan yang benantang dan bervariasi

3. Kemampuan atlet yang berbeda

Mengelompokkan atlet yang sesuai dengan kemampuan masing-masing dan memberikan penekanan pada teknik- teknik yang di rasa kurang terkuasai oleh anak.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

1. Klub PTL UNP merupakan salah satu klub tenis yang perkembangannya pesat hal ini di tandai dengan binaan yang baik dan mampu menunjukkan prestasinya baik pada tingkat daerah, wilayah, maupun nasional.

2. Klub PTL UNP di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan pelatih yang berkualitas

3. Selama melakukan praktek melatih di Klub PTL UNP ditemukan kendala-kendala antara lain kurangnya motivasi sebagian atlet dan kemapuan yang berbeda serta pemakaian lapangan yang terbatas.

B. Saran

Untuk meningkatkan mutu dan kulitas lulusan FIK UNP khususnya jurusan kepelathan olahraga kendaknya betul-betul dipersiapkan tenaga–tenaga yang benar-benar menguasai salah satu cabang olahraga agar kelak tamatan FIK UNP tidak merasa canggung terjun ke masyarakat serta mempu menciptakan lapangan kerja baru.

Untuk menciptakan atlet yang berprestasi bukanlah hal yang mudah namun melalui usaha yang maksimal mungkin dengan mempersiapkan sesuatu yang harus di pahami seperti pelatih betul-betul kompeten dalam bidang serta pengelola atau propesional pengorganisasian dari klub.

3 komentar: