Senin, 27 Agustus 2012

kekuatan

Share this history on :
Kekuatan adalah energi untuk melawan suatu tahanan atau kemampuan untuk membangkitkan tegangan (tension) terhadap suatu tahanan (resistence). M. Satoyo (1989 : 16) mengatakan kekuatan (strength). adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuan dalam menggunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja. M. Soebroto (1977 :25) mengatakan kekuatan otot kwalitas yang memungkinkan pengembangan ketegangan otot dalam kontraksi yang maksimal. Dari ketiga pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kekuatan adalah kemampuan otot atau sekelompoknya dalam usahanya menahan beban atau pekerjaan dalam waktu yang relatif pendek. Jadi kekuatan suatu otot di dasar atas : 1) dipengaruhi oleh unsur-unsur struktural otot khususnya volume (isi); 2) semakin jelas bahwa kekuatan otot ditentukan oleh kwalitas faktor tidak sengaja kepada otot atau kelompok otot yang bersangkutan (M. Soebroto, 1977 : 25 ). yang dimaksud kekuatan menurut Harsono (1982 : 49) strength atau kekuatan.

Sesuatu yang paling berpengaruh dan ada selalu di dalam beberapa cabang olahraga adalah “kekuatan” atau strength diartikan sebagai kemampuan dalam menggunakan gaya dalam bentuk mengangkat atau menahan suatu beban. (Bompa:1999 dalam Hendri)


Penerapan Latihan Kekuatan.

Kemampuan motorik kekuatan dibedakan dalam 3 komponen :

1. Kekuatan Maksimal (Maximum Strength),

2. Kekuatan yang Cepat / kekuatan kecepatan (Speed Strength), dan

3. Daya tahan Kekuatan (Strength Endurance/Muscle Endurance).


Kekuatan maksimal adalah kekuatan terbesar yang dapat ditampilkan seseorang. Kemampuan ini adalah gabungan dari :

- Penampang otot optimal tiap individu (dicapai dengan latihan pembentukan otot) - Pengembangan Koordinasi Intramuskuler (KI = Pengaktifan secara sinkron satuan-satuan motorik).

Kekuatan yang Cepat (speed strength) adalah kekuatan dengan kontraksi otot secara singkat / cepat. Kekuatan yang cepat ini tergantung pada : kekuatan maksimal, kecepatan kontraksi otot dan Koordinasi Intramuskuler.

Daya Tahan Kekuatan adalah kemampuan otot untuk melawan kelelahan yang terjadi karena kerja menahan suatu beban dalam waktu lama atau mengulangi beban dalam jumlah yang banyak. Daya tahan kekuatan ini tergantung pada : Kekuatan maksimal dan daya tahan umum dan khusus (penyediaan energi aerob dan anaerob).

- Kekuatan yang cepat hanya bisa dicapai melalui kekuatan maksimal dan harus dalam urutan berikut : Mula-mula pembentukan otot sampai tingkat optimal (relatif), diikuti latihan Kordinasi Intramuskuler dan ditutup dengan latihan-latihan khusus untuk memperbaiki kecepatan kontraksi otot.

Latihan-latihan kekuatan cepat yang khusus dapat juga diberikan paralel atau bersamaan dengan latihan-latihan untuk meningkatkan kekuatan maksimal.

Semua pengendalian latihan kekuatan selain menuntut latihan kekuatan yang khusus juga membutuhkan latihan pelengkap di bagian.

* Daya tahan dasar (dari Faal yang dimaksud adalah penyediaan energi aerobik) dan

* Latihan kelentukan/peregangan otot



KOMPONEN KONDISI FISIK DALAM LATIHAN

KEKUATAN KECEPATAN(EKSPLOSIVE POWER/daya ledak otot)

Daya otot ledak otot adalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerjakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya (M. Sajoto, 1995:8). Daya otot dipengaruhi oleh kekuatan otot, kecepatan kontraksi otot sehingga semua faktor yang mempengaruhi kedua hal-hal tersebut akan mempengaruhi daya otot. Jadi daya otot adalah kualitas yang memungkinkan otot atau sekelompok otot untuk melakukan kerja fisik secara tiba-tiba. Dalam permainan sepak bola diperlukan gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba misalnya gerakan yang dilakukan pada saat merebut bola. Pemakaian daya otot ini dilakukan dengan tenaga maksimal dalam waktu singkat dan pendek. Orang yang sering melakukan aktifitas fisik membuat daya ototnya menjadi baik. Daya otot dipengaruhi oleh kekuatan otot dan kecepatan kontraksi otot sehingga semua faktor yang mempengaruhi kedua hal tersebut akan mempengaruhi daya otot


5 komentar: