Kamis, 24 Februari 2011

Makanan yang Membuat Anda Tidur Nyenyak

Share this history on :
Tidur merupakan aktifitas yang sangat penting untuk manusia. Istirahat akan sangat berarti apabila istirahat itu dilakukan optimal. Tidur dalam waktu 7-8 jam merupakan istirahat paling baik. Namun kadang – kadang kita mengalami banyak kesulitan untuk bisa tidur dalam waktu 7-8 jam dengan nyenyak.

Makanan yang kita makan bisa mempengaruhi kita untuk bisa tidur dengan nyenyak. Menurut buku Serba - serbi kesehatan (Sekar T.R) ada 10 daftar makanan yang bisa dijadikan asupan untuk bisa membantu kita mendapatkan tidur 7-8 jam dengan nyenyak. Makanan ini merelaksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran dan mengaktifkan hormone untuk membantu anda tidur yaitu serotin dan melantonin.


PISANG

Pisang seperti obat tidur alami. Selain mengandung melantonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merelaksasi otot.


SUSU HANGAT

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa membantu anda. Susu mengandung trypthopan, yaitu asam amino yang mempunyai efek sedaktif kalsium yang membantu dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan.


TEH CHAMOMILE

Teh Chamomile mempunyai efek penenang yang bisa menurunkan stress fisik maupun mental, teh ini sangat cocok dikonsumsi sebelum tidur.


MADU

Tambahkan sedikit madu pada susu atau teh anda. Gula bisa memberikan energi, tetapi dalam jumlah yang sedikit, gula bisa memberi tahu otak anda untuk menurunkan kinerja orexin. Neurotransmitter yang berhubungan dengan kesadaran anda.


KENTANG

Sedikit kentang rebus atau kentang bakar dan kentang panggang pun di malam hari tidak akan menaikkan berat badan anda. Kentang akan membersihkan asam yang bisa mengganggu kinerja tryptophan di dalam tubuh.


OATMEAL


Oatmeal sebelum tidur adalah jalan tercepat menuju tidur. Karena oatmeal merangsang produksi melantonin dalam tubuh pada malam hari.



KACANG ALMOND

Almond adalah kacang yang baik bagi kesehatan jantung. Tetapi almond juga bisa membantu tidur anda karena mengndung tryptophan dan magnesium.

FLAXSEED

Flaxseed kaya akan omega-3 yang akan membantu memperbaiki mood anda. Konsumsi ketika anda sedang mengalmi stress atau depresi. Tidur anda akan lebih bisa nyenyak.

ROTI GANDUM

Sepotong roti dan teh akan merangsang insulin didalam tubuh anda, yang berguna untuk membantu kinerja tryptophan untuk bereaksi di otak. Dimana tryptophan akan diubah menjadi serotonin yang membantu menyampaikan ke otak anda untuk tidur.


DAGING KALKUN


Daging kalkun adalah sumber yang sangat baik untuk trypthophan. Tryptophan akan bekerja ketika perut anda kosong dan tidak ketika anda kenyang. Tetapi 1 sampai 2 potong dari daging kalkun bersama roti gandum pada waktu sore hari akan membuat anda lebih nyenyak dimalam hari.

4 komentar: