Rabu, 23 Februari 2011

The Missing Man

Share this history on :



Sebuah Novel yang mengisahkan tentang pertualangan yang menguras emosi, ketegangan melawan alam, diwarnai cinta yang dilematis , kesetiaan, bahkan sebuah ketulusan .
Didalam pedalaman hutan Kalimantan, pria yang lupa asal - usulnya itu harus berjuang keras untuk bisa hidup dari segala terjangan kebuasan dan keganasan para penghuni rimba. Yang terkuatlah yang menang, itu merupakan hukum alam yang selalu dipegang teguh oleh setiap penghuni di belanta raya.

Dalam novel ini mengisahkan seseorang yang kehilangan indetitas dirinya bernama Manuel,yang dia sendiri tidak tahu penyebabnya hingga kenapa dia bisa berada suatu tempat yang dia tidak tahu dimana itu. Dan di tempat ini dia harus berjuang keras untuk bisa hidup ,mulai dari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,seperti mencari makanan,minuman bahkan tempat tinggal dan juga berjuang keras untuk menghindari serangan dari makhluk lainnya,mulai dari buaya rawa, ular, serigala, kelompok hewan primata,bahkan suku pedalaman pengincar kepala. Namun ada sebuah keanehan dalam dirinya yang dengan sangat bisa beradaptasi dengan cepat dalam keadaan yang seperti ini. Dia mampu menentukan dengan cepat mana tumbuhan yang bisa dimakan atau tidak, dia bisa menciptakan banyak ramuan obat yang dia butuhkan dengan sangat ampuh dan hebat, serta banyak hal yang mengagumkan. Atas dasar ini, dia terus berusaha mengingat dan mencari indetitas dirinya dalam hutan belantara itu. Dan semua mimpi mimpi tidurnya yang begitu menyeramkan dan tentu akan berhubungan dengan dirinya.


Kisah dimulai dari ada kabarnya kecelakaan pesawat bernomor PK-RCZ Pilatus Porter PC-6 di sebuah hutan pedalaman Kalimantan. Hal ini mengakibatkan timbulnya kegelisahan dan ketakutan seorang istri seorang profesor ahli botani nyonya Manuel karena suaminya profesor Manuel memang telah melakukan perjalanan ke hutan tersebut dan belum ada sedikitpun kabar dari suaminya itu. Hingga akhirnya asisten suaminya Dennis denaya, seorang laki laki berumur 30 tahun belum menikah yeng sebenarnya menyimpan rasa cinta kepadanya untuk berniat melakukan pencarian profesor atas dasar tidak ingin melihat wanita yang ia cintai merasa sedih. Hingga akhirnya sebuah tim beranggotakan 5 (Dennis, Nanang, Bara, Ahmad, Indrawan ) orang serta satu wanita tentunya,nyonya Manuel yang memaksa turut serta dalam pencarian ini.
Dalam pencarian yang sangat bebahaya ini akhirnya menyebabkan korban meninggal, Indrawan Kusuma merupakan korban pertama akibat longsor dan dengan ikhlas mengorbankan nyawanya demi seorang pemuda bernama Bara. Mereka tersesat dalam kabut yang begitu misterius. Kedua Bara yang tewas akibat ketakutannya akan masa lalunya yang begitu takut mati. Dan hal itulah yang menyebabkan dirinya tewas akan kebodohan dirinya.

Saat apa yang dicari,sebuah bangkai pesawat bernomor PK- RCZ itu dan tak satupun yang mungkin selamat dalam keceakaan itu ,akhirnya ekspedisi ini dihentikan dan tentu membawa kesedihan sang nyonya manuel, namun dalam perjalanan pulang seorang serigala membawa petaka yang menyebabkan seorang Dennis Denaya mengorbankan dirinya untuk melawan serigala tersebut demi rekan dan wanita yang ia sayangi. Hingga akhirnya ekspedisi ini berakhir dengan kesedihan dan kekecewaan nyonya Manuel yang sangat menyayangi profesor.
Akhir cerita: Namun , Profesor Manuel yang telah berjuang hidup,terselamatkan ketika dia terjatuh dan hanyut di sebuah sungai dan mengantarkannya kesebuah desa tepencil. Hal ini terdengar oleh nyonya Manuel dan betapa sedihnya ketika dia berusaha mendatangi desa tersebut bersama Nanang dan Ahmad. Sang profesor nyatanya tak mengenal dirinya sedikitpun. Dan dia pulang dengan kesedihan dan kekecewaan dan mau melupakan profesor .
Dan baru diketahui ternyata selama ini profesor Manuel memiliki dua sisi sifat berbeda,. Dirinya yang merupakan profesor botani adalah juga pemburu liar buronan polisi hutan, yang membuat dirinya hampir mati ketika melakukan perburuan serigala dan ini membuat dia mengalami kecelakaan bertarung melawab serigala itu dan menjatuhkannnya kejurang. Dan ternyata sebenarnya sang profesor tidak pernah melakukan perjalanan dengan pesawat itu.

Dalam novel ini banyak hal menggugah perasaan, rasa cinta nyonya Manuel dengan setia mencari dan berharap akan suaminya untuk bisa bersama lagi. Padahal dia tahu seorang Dennis Denaya asisten profesor Manuel yang juga mencintainya dan memberikan penjagaan dan perhatian dengan ikhlas cintanya. Mesti dia tahu dalam diri Dennis Denaya ada hal yang begitu sama dengan suaminya. Dan karena cintanya Dennis Denaya mati melawan Serigala.

NOVEL yang memiliki amanat kuat dalam yang akan disampaikannya. Agar kita manusia harus bisa menjaga hutan yang saat ini telah banyaknya penebangan lliar yang merusak hutan. Tanpa peduli perbaikannya yang butuh waktu puluhan dan ratusan tahun. Serta kita harus menjaga Aneka satwa didalamnya,bukan malah memburunya.


3 komentar: