Selasa, 30 Oktober 2012

Peraih FIFA Ballon d'Or 2012

Share this history on :

Paris - Sebanyak 23 nama calon pemain terbaik dunia 2012, dirilis Majalah France Football, Senin (29/10/12). Para pemain itu, berpeluang meraih Trofi FIFA Ballon d'Or.

Berdasarkan klasifikasi negara, pemain Spanyol paling banyak masuk dalam daftar nominator. 7 pemain itu adalah Iker Casillas, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Sergio Ramos, Xabi Alonso dan Xavi Hernandez.


Italia boleh berbangga karena 3 pemainnya masuk sebagai kandidat pemain terbaik, yaitu Andrea Pirlo, Gianluigi Buffon dan Mario Balotelli yang menjadi kekuatan inti Gli Azzuri di Piala Eropa 2012.


Argentina, Jerman dan Pantai Gading, sama-sama punya dua pemain andalan yang dianggap layak menjadi peraih titel individu bergengsi yang mulai bergulir tahun 1956 dan melebur dengan FIFA tahun 2010.


Lionel Messi dan Sergio Aguero masuk sebagai wakil Argentina. Dari kubu Jerman, ada nama Mesut Ozil dan kiper andalannya, Manuel Neuer. Sementara Pantai Gading diwakili pahlawan Chelsea di ajang Liga Champions, Didier Drogba dan Yaya Toure yang tampil apik bersama Manchester City.


Selebihnya, hanya ada satu pemain dari Inggris yaitu Wayne Rooney, Karim Benzema dari Prancis, Robin van Persie dari Belanda, Zlatan Ibrahimovic asal Swedia dan Cristiano Ronaldo dari Portugal.


Sedangkan Radamel Falcao dari Kolombia yang tampil ciamik dalam urusan menjebol gawang lawan di level klub (Atletico Madrid) dan Neymar menjadi dari Brasil, masuk sebagai bakal calon.


Dari sederet nama tersebut, akan dipilih tiga nama yang dinilai pantas menjadi pemain terbaik yang diumumkan pada 29 November 2012. Nantinya, dari tiga finalis itu, seorang pemain resmi menerima FIFA Ballon d'Or, dalam upacara penganugerahan di Zurich, Swiss, 7 Januari 2013.


Berikut adalah nama-nama kandidat peraih FIFA Ballon d'Or 2012:
 

Sergio Aguero (Argentina/Manchester City)

Mario Balotelli (Italia/Manchester City)
Karim Benzema (Prancis/Real Madrid)
Gianluigi Buffon (Italia/Juventus Turin)
Sergio Busquets (Spanyol/FC Barcelona)
Iker Casillas (Spanyol/Real Madrid)
Didier Drogba (Pantai Gading/Chelsea, Shanghai Shenhua)
Radamel Falcao (Kolombia/Atletico Madrid)
Zlatan Ibrahimovic (Swedia/Milan AC, Paris-Saint Germain)
Andres Iniesta (Spanyol/Barcelona)
Lionel Messi (Argentina/Barcelona)
Manuel Neuer (Jerman/Bayern Munchen)
Neymar (Brasil/Santos)
Mesut Ozil (Jerman/Real Madrid)
Gerard Pique (Spanyol/Barcelona)
Andrea Pirlo (Italia/Juventus)
Sergio Ramos (Spanyol/Real Madrid)
Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid)
Wayne Rooney (Inggris/Manchester United)
Yaya Toure (Pantai Gading/Manchester City)
Robin van Persie (Belanda/Arsenal, Manchester United)
Xabi Alonso (Spanyol/Real Madrid)
Xavi Hernandez (Spanyol/Barcelona) 




SIAPA YANG KAU DUKUNG ???



3 komentar: