Rabu, 06 Februari 2013

9 Tipe Dasar Manusia Menurut Eneagram

Share this history on :
Follow my twitter : https://twitter.com/SepriPutraA

Sebelumnya gue jelasin sedikit, apa itu Eneagram?? Eneagram itu studi tentang sembilan tipe dasar manusia. Studi ini ngasih penjelas gimana perilaku kita sehari-hari, juga ngasih petunjuk dan arahan buat pertumbuhan seseorang. Jadi, intinya Eneagram itu sarana penting buat kita ngembangin hubungan ke sesama, ini pasti bermanfaat banget buat yang mau pedekate. Disini gue bukan mau ngebahas Eneagram secara lengkap yang pastinya bakal bikin kalian puyeng dan ‘panjang banget’. Tapi gue bakal ngebahas tipe-tipe manusia biar kalian lebih gampang dapet teman baru khususnya yang mau pedekate biar ga salah cara pedekatenya apalagi sampe gagal. Langsung aja, dibawah ini Sembilan tipe dasar manusia berdasar studi Eneagram.


  1. Perfeksionis: realistis, penuh pertimbangan, dan memegang prinsip. Mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal tinggi.
  2. Penolong: hangat, peduli, pengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.
  3. Pengejar prestasi: energik, optimis, percaya diri, dan berorientasi tujuan.
  4. Romantis: memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, dan pengertian.
  5. Pengamat: memiliki suatu kebutuhan akan pengetahuan, dan adalah pribadi yang introver, pnuh rasa ingin tahu, analistis, dan berwawasan.
  6. Pencemas: bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman, kelompok, dll. Kisaran kepribadian tipe ini cukup luas, mulai dari menarik diri dan kaku hingga berani mengungkapkan pikirannya dan melawan.
  7. Pejuang: terus terang, mengandalkan diri sendiri dan protektif.
  8. Petualang: energik, penuh vitalitas, dan optimis. Orang-orang bertipe ini ingin memberi sumbangsih kepada dunia.
  9. Pendamai: mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, dan mendukung. Pribadi semacam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Udah Sembilan kan? Jadi bisa kalian kembangin sendiri tipe dasar itu berdasar diri kalian atau pasangan (buat yang punya). Kalian tipe yang mana neh??

2 komentar: