Senin, 12 November 2012

Hubungan antara Kelebihan Berat Badan dan Penyakit

Share this history on :


Apakah Anda berpikir kelebihan berat badan hanya sekedar seberapa jelek/baik penampilan Anda ? Beberapa orang memulai manajemen berat badan karena mereka tidak dapat memakai atasan atau celana panjang yang sebelumnya bias mereka pakai. Untuk sebagian orang, mereka hanya ingin terlihat lebih baik atau lebih muda. Akan tetapi, para dokter selalu menyarankan Anda untuk melakukan manajemen beraat badan saat meraka melihat bahwa pasien mengalami kenaikan berat badan yang pesat. Mengapa ? Ada beberapa alasan bagi para dokter untuk mengendalikan asupan kalori lebih dari penampilan Anda. Ini adalah masalah bagi hidup Anda.

Masalah kesehatan apa yang dialami orang dengan kelebihan berat badan ?

Ada banyak penyakit kronis yang berhubungan dengan obesitas, seperti misalnya diabetes, encok, penyakit jantung dan stroke dan lain – lain. Ini sebenarnya merupakan penyakit yang mengancam nyawa. Saat Anda mengidap diabetes, penyakit ini merusak pembuluh darah yang menyebabkan problem penglihatan, gagal ginjal dll. Jika Anda mengidap encok, Anda tidak dapat berjalan karena sakit. Penyakit jantung, tentu saja, memperpendek hidup Anda. Penyakit – penyakit ini tidak hanya memperpendek usia Anda tetapi juga berdampak pada kualitas hidup Anda. Karena itu, bagaimana mengendalikan dan mengurangi berat badan adalah langkah utama untuk tetap sehat bagi setiap individu.



Kelompok usia berapa atau gender apa yang mengalami masalah obesitas?

Bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas, mereka harus diingatkan agar untuk tetap mengatur asupan energi rutin atau menguragi asupan energy dan mempertahankan gaya hidup normal bagi kehidupan di masa depan. Sebelum kelebihan berat badan, gejala metabolis akan muncul di tahap awal penyakit, misalnya hiperlipidemia, hipeglycermia,dan hiprtensi. Seringkali orang tidak menyadari fakta bahwa mereka mengalami kelebihan berat badan, akan tetapi gejala – gejala tersebut merupakan indikator yang baik bagi pencegahan. Dibandingkan dengan laki – laki, perempuan mulai kehilangan hormon keseimbangan setelah usia 40 tahun dan berada pada tingkat risiko yang tinggi bagi gejala – gejala tersebut. Saya akan mengatakan bahwa, perempuan dengan usia lebih dari 40 tahun harus mempertimbangkan pengendalian berat badan.



CHECK LIST

Centang lingkaran di bawah ini jika sesuai dengan Anda. Hitung “poin” yang Anda dapatkan.

* Anda akan makan sampai kenyang setiap saat (1 poin)
* Ayah/Ibu Anda kelebihan berat badan (3 poin)
* Waktu kecil Anda kelebihan berat badan (2 poin)
* Keluarga Anda ada yang mengidap diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit jantung (1 poin)
* Anda suka makan berminyak atau manis (1 poin)
* Anda selalu makan diantara makan besar, ngemil saat mau tidur atau tergila pada makanan (1 poin)
* Anda tidak suka olahraga (1 poin)
* Anda hanya minum bir atau minuman ringan bersoda setiap saat Anda minum (1 poin)



Jika Anda memiliki nilai poin 6, maka Anda berpotensi kelebihan berat badan dalam waktu dekat. Obesitas bukan hanya masalah bagaimana penampilan Anda tetapi juga berdampak pada hidup Anda secara keseluruhan.

Dr. Huang juga menyebutkan usia berisiko tinggi dan kelompok gender bagi berat badan lebih. Jika Anda bernilai lebih dari 6 poin di daftar centang dan juga di kelompok berisiko tinggi, maka inilah waktunya bagi Anda untuk memulai manajemen berat badan.



YUuk ubah pola makan ke pola makan sehat..

agar berat badan bisa kita kendalikan...

2 komentar: