Rabu, 14 November 2012

Jenis Tembakan dalam bola basket

Share this history on :
Adapun jenis tembakan yang ada dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut :
1.         Tembakan Dua Tangan di Atas Kepala ( Two Handed Over Head Set Shoot)
“Jenis tembakan ini biasa digunakan oleh para pemain pemula yang merasa keberatan atau kesulitan dalam melakukan tembakan dengan menggunakan satu tangan. Tembakan dua tangan di atas kepala  dilakukan bila dalam keadaan detik terakhir dan jarak penembak jauh dari ring” ( Soedikun, 1992:61)

 
2.         Tembakan Dengan Satu Tangan ( One Handed Set Shoot)
Menurut Soedikun (1992:61-62) pelaksanaan gerakan tembakan ini adalah sebagai berikut :
(a) Posisi berdiri seenaknya dengan kaki kanan sedikit di depan kaki kiri; (b) Bola dipegang seperti operan dua tangan diteruskan dengan pegangan ini, hantarkan bola kedepan atau dari bahu sebelah kanan sedikit memutar lengan bawah kanan kesebelah luar, sehingga sebagian besar berat bola terletak di permukaan jari-jari dan hamper seluruh telapak tangan; (c) Tugas tangan kiri hanya membantu agar bola tidak jatuh  sebelum ditembakan; (d) Pada saat melepasakan tembakan, sedikit kebelakang dan mulailah dengan irama gerakan menembak; (e) Irama gerakan ikutan dengan mengikuti gerak badan ke kaki depan; (f) Tangan kiri terus membantu letak bola di tangan kanan sampai menjelang bola terlepas dari jari-jari tangan kanan; (g) jarak tembakan dapat diperjauh sampai titik atau daerah jaraknya strategis dari basket.

 
 
3.          Tembakan Sambil Melayang (Lay up Shoot)
“ Tembakan lay up adalah jenis tembakan yang efektif sebab  dilakukan dari jarak yang sedekat-dekatnya dengan basket. Hal ini menguntungkan karena tembakan dari jarak jauh dapat diperdekat ke basket dengan melakukan lompat-lompat-lompat” ( Soedikun, 1999:64). Ambler dalam Anggraini (2011:13) menjelaskan bahwa “tembakan lay up adalah yang paling aman dan efektif kalau pemain yang memegang bola tidak dibayangi lawan”
4.         Tembakan Sambil Melayang ( Jump Shoot)
Tembakan jump shoot adalah jenis tembakan dengan menambahkan lompatan saat melakukan shooting, dimana bola dilepaskan pada saat titik tertinggi lompatan” ( Kosasih, 2008:51). “Tembakan dengan cara ini dasarnya sama dengan tembakan satu tangan di tempat,. Yang membedakan kedua cara ini adalah adanya gerakan melompat pada saat melepas bola” ( Fardi, 1993:38). Dan Ibrahim dalam Anggraini (2011:13) Menjelaskan gerakan dalam jump shoot adalah sebagai berikut: ”(a) posisi tubuh stabil, rendahkan tubuh dengan menekuk lutut, (b) ketika hendak menembak, seiring tangan yang naik tubuh juga ikut naik, (c) melompatlah setinggi-tingginya, lepaskan bola sewaktu mencapai titik tertinggi”.



5. Tembakan Dengan Dua Tangan Di  Depan Dada ( Two Handed From Chest Set Shoot)
Shooting dua tangan dari dada, dalam permainan sering dipakai dan cocok untuk pemain putri pemula, dengan alasan bahwa bila selalu di depan dada, bola akan terlindungi dan kekuatan tangan untuk mendorong lebih besar, (Soedikun, 1992:59). Dalam bukunya Fardi ( 1999:39) menjelaskan pelaksanaan dari tembakan ini adalah sebagai berikut :
1.         Berdiri dengan kekuatan kedu kaki sejajar dengan jarak kira-kira selebar bahu, atau berdirir dengan salah satu kaki didepan kaki lainnnya. (b) Pegang bola didada dan dibawah dagu. Siku agak merapat kesisi badan. Pandangan arahkan ke sasaran. (c) Tekuk kedua lutut secara bersamaan dan putar bola ke arah dada dan menggerakan pergelangan tangan. (d) Tolakan bola kearah atas depan dengan meluruskan kedua lutut dan bantuan lecutan dari pergelangan tangan dan jari-jari. Bola keluar dari ujung-ujung jari tangan. Lakukanlah semua ini dengan satu irama. (e) Ikuti tembakan ini dengan gerakan ikutan ( follow through). Jika diperlukan dengan melangkah satu kaki kedepan.

1 komentar: