Selasa, 06 November 2012

Patung fergie

Share this history on :


Sir Alex Ferguson adalah seorang legenda hidup dalam sepakbola, bukan hanya di Inggris tapi di Eropa. Belum ada klub yang mempunyai pelatih selama dan seberprestasi Ferguson dalam melatih. Total sudah 26 tahun Ferguson mengabdi, puluhan gelar sudah di didaratkan ke Old Trafford. Rincian totalnya Fergie telah memenangkan 12 titel Liga Primer Inggris, dua trofi Liga Champions, lima trofi Piala FA, Piala Cup-Winners, Piala Super, Piala Intercontinental serta Piala Dunia Antar Klub.


Prestasi lain yang berhasil di catatkan Fergie adalah menyetarai atau bahkan mengalahkan persaingan dengan Liverpool di Inggris. Fergie berhasil  menyulap MU yang dahulu hidup di bawah bayang-bayang Liverpool menjadi penguasa Liga Inggris. Dengan raihan raihan 19 trofi Premier League MU sudah melewati perolehan trofi Premier League Liverpool yang berjumlah 18 trofi.
Hal yang sama pun terjadi di Piala FA, MU yang mengemas 11 trofi mengalahkan Liverpool yang mempunya 7 trofi. MU hanya kalah dalam raihan trofi di eropa, total MU sudah mengoleksi 5 trofi Eropa yang terdiri dari 3 trofi Liga Champions, 1 Piala Winners, dan 1 Piala UEFA. Sementara Liverpool masih unggul dengan raihan 5 gelar Liga Champions, 3 Piala UEFA, dan 3 Piala Super Eropa.
Atas semua pengabdian dan prestasinya selama 26 tahun itu pun, manajemen klub berencana mengabadikan sosok Sir Alex dalam bentuk patung  yang akan di dirikan di Old Trafford. Patung itu akan mulai di pajang pada tanggal 23 November mendatang sehari sebelum laga melawan Queen Park Rangers di langsungkan.
Bukan tanpa alasan tanggal itu di pilih, karena pada tanggal 22 November 1986 Ferguson mencatatkan kemenangan pertamanya saat awal-awal meniti karier menukangi MU. Kemenangan yang di catatkan atas QPR 26 tahun lalu itu kemudian akan di kenang sebagai titik awal sejarah panjang yang di catatkan Fergie selama melatih MU.

Patung Fergie akan menemani patung dua legenda United yang lain; Sir Matt Busby dan George Best. Ukuran patung Fergie nantinya akan mencapai sekitar 2,75 meter dan ditempatkan di luar Tribun Utara Ferguson.

Patung itu akan dibuat oleh pematung terkenal peraih penghargaan, Philip Jackson. Fergie sudah memberikan ijin bagi jackson untuk membuat patung dirinya. Awalnya ada kekhawatiran Fergie tak akan memberikan ijin.

Jackson adalah orang yang bertanggung jawab akan kesalahan dalam pemasangan nama tribun Ferguson tahun lalu. Saat itu, Jackson salah memasang huruf 's' dalam nama Ferguson.

"Saya sudah bertemu Sir Alex beberapa kali dan dia adalah sosok yang menyenangkan. Saya mengambil banyak fotonya, melihat kembali rekaman-rekamannya untuk tahu setiap detail dirinya. Saat dia memeriksa patung tahap awal dirinya yang terbuat dari tanah liat, dia nampak senang sekali," ungkap Jackson.

2 komentar: