Senin, 12 November 2012

Kenapa Anda Harus Makan Semangka

Share this history on :
Alasan Kenapa Anda Harus Makan Semangka

Bulat besar, berkulit tebal hijau, tapi dalamnya merah? Yups, benar, Semangka. siapa yang enggak kenal buah yang satu ini, kandungan airnya yang begitu banyak yang dapat menjadi pilihan saat haus atau dahaga.

Selain rasanya yang begitu segar dan juga manis, ternyata manfaat buah ini banyak sekali, diantaranya ia memiliki kandungan fitonutrien, vitamin A, C juga potasium. Selain itu, juga vitamin B6, dan tiamin juga ada didalamnya. Hebatnya, buah ini bebas lemak, sodium, dan kalori.



Mau tau manfaat lainnya dari buah ini? Berikut 6 alasan kenapa anda harus makan semangka, seperti dikutip realage :

1. Cegah penyakit jantung dan kanker prostat

Semangka memiliki banyak kandungan lycopene, senyawa antioksidan pada tanaman yang terkenal mampu melawan penyakit jantung dan kanker prostat. Mungkin selama ini Anda mengaggap tomat sebagai salah satu penghasil lycopene terbaik.

Hal itu memang benar, tetapi Anda harus memasak mereka terlebih dahulu dengan sedikit minyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara pada semangka, Anda tidak perlu terlebih dahulu memasaknya, karena buah ini langsung melepaskan lycopene-nya. Bahkan, satu cangkir semangka memiliki 40 persen kandungan antioksidan lebih banyak ketimbang tomat.

2. Vitamin C

Sepotong semangka besar (sekitar 2 cangkir) menyediakan hampir setengah harian dari kebutuhan vitamin C Anda.

3. Melawan infeksi

Dua gelas semangka juga menyediakan hampir seperempat dari kebutuhan beta karoten harian Anda, yang digunakan tubuh Anda untuk membuat vitamin A. Jumlah beta karoten yang rendah dapat membuat Anda rentan terhadap infeksi virus dan masalah penglihatan.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Semangka adalah salah satu makanan langka penghasil citrulline, asam amino yang digunakan dalam penyembuhan luka dan pembelahan sel. Bagian daging berwarna putih pada buah semangka yang biasanya tidak dimakan justru mengandung banyak citrulline.

5. Atasi stres

Semangka merupakan sumber potasium yang baik, yang membantu mengontrol tekanan darah. Inilah alasan mengapa semangka dapat menjadi pilihan makanan ringan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

6. Memuaskan ngidam

Hanya ada 96 kalori dalam dua cangkir semangka manis. Selain itu, tingginya kandungan air dapat membuat Anda cepat merasa kenyang dan menjaga berat badan Anda tetap terkonttrol.

Sebagai penyuka buah apel, jeruk, alpukat dan buah simpel lainnya, saya tidak akan beralih ke semangka, melainkan menambahnya dalam menu makanan sehat saya, bagaimana dengan anda? Semoga bermanfaat. (sumber : health.kompas.com)

1 komentar: