Kamis, 22 November 2012

Makanan potassium

Share this history on :
1.   Apakah potasium itu dan darimanakah asalnya?
Potasium (K) adalah sebuah mineral yang mempunyai banyak fungsi bagi tubuh kita. Makanan yang banyak mengandung serat seperti: tomat, jeruk, buncis, sayuran, susu, pisang dan semangka.

2. Apa peran Potasium dan apa bukti ilmiahnya?
Potasium dimanfaatkan oleh sistem syaraf otonom. Sistem Syaraf Otonom (SSO) mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya. Potasium juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Potasium berperan utama dalam fungsi kejut syaraf (sebuah respon otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot.Potasium juga membantu mengurangi rasa sakit pada otot karena olahraga. Kekurangan kadar potasium dalam tubuh megakibatkan penurunan kekuatan, dan akan merasa lelah pada permulaan olahraga. Potasium membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh dan juga dibutuhkan dalam proses sintesa protein dari makanan. Bagi orang yang menggunakan obat pencahar, suplemen potasium membantu memberi tambahan supaya tidak kekurangan karena proses diuretik tersebut. Kadar potasium yang stabil juga menghindarkan tubuh dari munculnya denyakit diabetes tipe

3. Siapa yang memerlukan potasium dan apa tanda-tanda kekurangan potasium?
Semua orang. Tanda -tanda kekurangan potasium adalah penurunan sistem kekebalan tubuh, mudah leleh dan meningkatnya kebutuhan akan glutamin.

Orang-orang yang paling membutuhkan suplemen potasium adalah mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas dan para olahragawan.

4. Seberapa banyak asupan yang aman? Adakah efek sampingnya?
Jika anda sedang atau ingin mengkonsumsi suplemen yang mengandung potasium, perhatikan seberapa banyak buah-buahan yang anda makan setiap hari. Buah-buahan mengandung potasium dalam jumlah yang besar dan jika anda menambah dengan mengkonsumsi suplemen potasium, kemungkinan bisa overdosis. Mengkonsumsi terlalu banyak potasium menimbulkan efek samping seperti masalah perut, meningkatnya gas dalam lambung, nyeri abdomen, diare, mual dan bersendawa. jumlah potasium yang terlalu banyak bisa mengakibatkan serangan jantung. Penderita diabetes dan gagal ginjal harus konsultasi dengan dokter ahli sebelum mengkonsumsi suplemen potasium. Ikuti aturan pakai pada label produk.


Makanan Kaya Potasium
Semua orang perlu banyak potasium dalam makanannya. Potasium atau kalium merupakan salah satu mineral yang paling penting bagi kesehatan dan efisiensi tubuh kita. Hal ini penting untuk fungsi neuron di otak dan saraf Anda, dan juga diperlukan untuk aktivitas lain dan kontraksi otot. Untuk alasan ini, makan makanan kaya potasium menjadi sangat penting bagi para atlet dan orang-orang yang melakukan banyak pekerjaan fisik sehari-hari.
Menurut peneliti dari Itali, makan banyak makanan kaya kalium seperti sayuran hijau, kentang dan pisang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan stroke. Makanan kaya kalium lainnya termasuk kedelai , aprikot, pepaya, melon, mangga, labu, tomat, alpukat, wortel, bayam,  yogurt tanpa lemak,  jus prune, kacang kering, kacang polong, salmon, tuna dan masih banyak lagi.
Dari hasil sebuah studi yang dilakukan terhadap hampir 44.000 orang dewasa, dengan mengonsumsi 9 saji makanan kaya potasium setiap hari selama setahun, memiliki resiko menderita stroke 38% lebih kecil dibanding dengan yang hanya mengonsumsi 4 saji. Potasium berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam  tubuh sehingga menurunkan resiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke. Beberapa hasil studi juga menunjukkan, mendapatkan angka gizi yang cukup secara teratur untuk potasium dapat menurunkan resiko batu ginjal sampai separuhnya.
Berdasarkan studi 2004, penduduk Amerika mengkonsumsi potasium hanya setengah dari porsi seharusnya untuk menjaga tubuh mereka tetap beroperasi pada kapasitas penuh. Kurangnya asupan makanan yang kaya kalium dapat menyebabkan banyak masalah seperti kelelahan, kram dan bahkan masalah kecil pada jantung . Gangguan yang terjadi apabila kekurangan kalium dikenal sebagai hipokalemia, hal ini akan menjadi masalah karena membawa banyak efek samping berbahaya. Dan jika kadar potasium Anda drop maka stroke dan penyakit jantung juga mungkin terjadi. Jadi berhati-hatilah. Perhatikan kebiasaan makan harian Anda dan lihat apakah Anda mendapatkan cukup potasium dalam diet Anda.


Potasium - Pisang


Makanan yang kaya akan potasium :
  • Kentang, 1 buah mengandung sekitar 900mg potassium. Sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimasak dengan kulitnya
  • Prune, ½ cup mengandung sekitar 630 mg potassium
  • Kismis, ½ cup mengandung sekitar 600 mg potassium
  • Jus jeruk, 1 gelas sedang (180ml) – 450 mg potassium
  • Bayam, ½ cup matang – 420 mg potassium
  • Tomat, 1 buah – 290 mg potassium
  • Pisang, 1 buah – 420 mg potassium
  • Biji bunga matahari, 1 ons – 241 mg potassium
  • Almond, 1 ons – 200 mg potassium
Porsi di atas untuk memenuhi angka kecukupan gizi 4.700 mg potassium. Mencegah lebih murah dan mudah dari pada mengobati. Cegah resiko penyakit jantung dan stroke sejak dini dengan mengonsumsi makanan kaya akan potassium.



2 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus