Kamis, 20 Desember 2012

10 Pemuda Terkaya di Dunia

Share this history on :
10 Pemuda Terkaya di Dunia



Pencipta media sosial Facebook, Mark Zuckerberg, masih bertahta sebagai miliarder kaya termuda di dunia. Namun, tak banyak orang tahu siapa orang terkaya belia lain selain Zuckerberg.

Dikutip dari laman bussinesinsider, setidaknya masih ada sembilan orang miliarder muda lain yang memiliki kekayaan tak kalah besar dari Zuckerberg. Usia mereka rata-rata di bawah 35 tahun dan berhak menyandang status miliarder.

Kesembilan miliarder belia itu disusun dari laporan dan catatan yang dibuat oleh Forbes, US News, dan bentuk data lainnya. Selain memperoleh warisan dari keluarganya, sebagian besar dari miliarder ini harus bekerja keras untuk mendatangkan uang dari berbagai lini bisnis.

Berikut adalah 10 miliarder belia tersebut:

10. Fahd Hariri

Usia: 31 tahun
Total kekayaan: US$1,3 miliar
Fahd Hariri merupakan putra dari mantan perdana menteri Lebanon, Rafic Hariri. Seiring dengan warisan yang ditinggalkan sang ayah, Hariri juga memperoleh pemasukan dari bisnis konstruksi, real estate, dan investasi.

9. Ayman Hariri

Usia: 34 tahun
Total kekayaan: US$1,3 miliar
Seperti saudara kandungnya Fahd Hariri, Ayman Hariri juga memperoleh sejumlah harta kekayaan dari ayahnya.

Kekayaan Ayman berasal dari bisnis konstruksi yang dikembangkannya bernama Saudi Orger. Bisnis ini bergerak di bidang konstruksi, telekomunikasi, dan real estate.

8. Albert von Thurn Und Taxis

Usia: 29 tahun
Total kekayaan: US$1,5 miliar
Pangeran Jerman ini memperoleh harta warisannya ketika berulang tahun yang ke-18 pada 2011.

Di antara berbagai bentuk investasi yang dikembangkannya seperti real estate, Albert juga pernah membangun sebuah perusahaan energi alternatif di Bavaroa. Sayangnya, proyek itu terpaksa ditunda akibat kurangnya dukungan pendanaan.

7. Robert Pera

Usia: 34 tahun
Total kekayaan: US$1,5 miliar
Setelah bekerja pada perusahaan Apple, Pera memulai bisnisnya sendiri dengan mendirikan perusahaan di bidang teknologi informasi yang khusus ditujukan pada pasar negara berkembang.

Perusahaannya, Ubiquiti Network, melepas saham ke publik pada Oktober 2011 dan menempatkan nama Pera sebagai salah satu miliarder muda. Namun, semuanya tak terlalu mudah bagi Pera. Dengan volatilitas kondisi pasar keuangan yang terjadi saat ini, kekayaan Pera seringkali mengalami naik turun.

6. Eduard Saverin

Usia: 30 tahun
Total kekayaan: US$2 miliar
Berasal dari keluarga kaya, Saverin menuntut Zuckerberg yang sebelumnya menjadi mitranya dalam membangun media sosial, namun tak memberikan apa pun padanya.

Upaya tuntutan itu akhirnya diselesaikan di pengadilan dan kini Saverin masih menjadi bagian dari perusahaan yang baru melakukan IPO tersebut.

5. Sean Parker

Sean Parker
Usia: 32 tahun
Total kekayaan: US$2 miliar
Sean Parker merupakan salah satu pendiri Napster dan telah banyak menginvestasikan dananya di perusahaan teknologi seperti Facebook dan Spotify.

4. Dustin Moskovitz

Dustin Moskovitz
Usia: 28 tahun
Total kekayaan: US$3,5 miliar
Moskovitz merupakan salah satu orang yang beruntung dari popularitas Facebook. Moskovitz merupakan orang yang pertama kali membangun bisnis Facebook bersama Zuckerberg.

3. Scott Duncan

Usia: 29 tahun
Total kekayaan: US$4 miliar
Duncan memperoleh kekayaannya dari warisan sang ayah. Dia memiliki bisnis di bidang energi, Enterprise Product. Salah satu putranya, Scott Duncan, memperoleh tambahan kekayaan setelah saham perusahaan naik 24 persen.

2. Yang Huiyan

Usia: 30 tahun
Total kekayaan: US$4,7 miliar
Inilah satu-satunya wanita yang masuk dalam daftar miliarder muda sekaligus satu tingkat di bawah Zuckerberg. Orang tua Yang Huiyan, Yeung Kwok Keung, mendirikan perusahaan real estate kelas atas di China bernama Country Garden Group.

Perusahaan ini mencatatkan saham di bursa efek pada 2007 dan Keung menyerahkan sahamnya kepada putrinya tersebut. Saat ini, Yang Huiyan merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perusahaan.

1. Mark Zuckerberg

mark zuckerberg di konferensi f8
Usia: 28 tahun
Total kekayaan: US$17 miliar
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Mark Zuckerberg adalah miliarder termuda dunia saat ini. Di usianya yang ke-28, kekayaan yang dimiliki Zuckerberg mencapai US$17 miliar dan menempatkannya pada posisi 35 daftar miliarder versi Forbes.

Kekayaannya ini kalah sedikit dibandingkan pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, yang masing-masing memiliki harta US$18,7 miliar. Dengan usia 38 dan 39 tahun, banyak yang menganggap kedua pendiri Google ini sebagai golongan muda.

1 komentar: