Selasa, 25 Desember 2012

Mengembalikan Akun Twitter yang di Suspended

Share this history on :

Follow twitter : @SepriPutraA

Alasan akun twitter yang tersuspended ini disebabkan karena mungkin ada beberapa hal yang membuat akun tersuspended, seperti pelanggaran TOS, kejahatan dari pihak lain, ataupun akun kita dinilai sebagai akun spam. Awalnya sempat bingung dan harus nglakuin apa untuk mengembalikan akun tersebut, sempat tanya pada teman juga, dan jawaban mereka rata-rata kalau akun twitter yang tersuspended itu bisa di aktifkan kembali tapi statusnya akan menjadi default, jadi profile, followers maupun following akan jadi 0. Yah sempat makin terkejut juga, dan berfikir untuk membangun kembali dari awal. Tapi menurut saya tidak masalah meski kehilangan followers, yang penting akunnya bisa kembali lagi. Dan sekarang alhamdulillah akun twitter saya sudah kembali lagi :)
Nah kali ini saya akan menceritakan bagaimana prosesnya mendapatkan akun yang telah tersuspended kembali dengan status tidak menjadi default, dalam arti profil maupun status followers nya akan tetap sama sebelum akun tersebut tersuspended. Caranya ini cukup simple dan gak ribet-ribet banget, yang terpenting teman-teman disini cukup bisa sedikit menguasai bahasa inggris. Karena nantinya kita akan melakukan obrolan dengan pihak technical support nya twitter. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan status akun twitter yang tersuspended kembali aktif :

1. Kirim email ke technical support twitter<support@twitter.zendesk.com> yang berisi pertanyaan mengapa akun kita tersuspended, dan bertanya apakah kira-kira bisa diaktifkan kembali. Menurut saya yang menerima email ini bukan mesin tapi manusia, jadi pastinya punya perasaan so, pada waktu melakukan komunikasi pertama kalinya, harus menggunakan bahasa yang baik, sopan dan tidak terkesan marah-marah. akan lenih baik lagi jika kita yang meminta maaf duluan, akun yang tersuspended itu kemungkinanan utama adalah karena kesalahan dari kita sendiri yang tidak disadari.

2. Setelah mengirimkan email, tunggu sampai kita mendapatkan balasan. Ini memerlukan waktu beberapa hari, dulu saya direspon 4 hari kemudian setelah pengiriman email. Setelah pihak technical supportnya membalas email kita, selanjutnya yang kita lakukan adalah baca baik-baik balasannya, ingat kita berkomunikasi dengan manusia bukan mesin jadi harus sesuai dengan yang dibicarakan dalam email tersebut. Balasan kedua yang saya dapatkan adalah kita disuruh bercerita apa saja yang telah kita lakukan sebelum akhirnya akun tersebut di suspended, [Tips] diusahakan isi email yang kedua atau pas anda disuruh bercerita yakinkan ke mereka bahwa anda memang benar-benar membutuhkan akun tersebut, dan berjanji tidak melakukan pelanggaran2 lagi, meskipun pada kenyataannya kita tidak melakukan kesalahan.

3. Selanjutnya setelah kita mengirimkan email yang kedua seperti diatas, mungkin kita harus bersabar mendapatkan email balasan, karena responnya agak lama. Mungkin mereka melakukan pengecekan berulang kali jadi prosesnya lama. karena tidak sabar menunggu saya sempat mengirimkan email berkali-kali dengan maksud agar email saya cepat direspon, [Tips] namun mungkin sebaiknya jangan meniru saya yang mengirimkan email bolak-balik, nantinya terkesan ngotot banget dan mungkin malah bisa-bisa akun kita tidak kembali :D. Ya bersabar saja sampai email kita di balas. Waktu itu kurang lebih saya mendapatkan email balasan sekitar 10 hari. Dan email tersebut berupa pemberitahuan pengaktifan kembali akun twitter kita, namun untuk mengembalikan followersnya perlu waktu sekitar 1-2 jam.
Ok, akhirnya akun twitter kita beserta followernya telah kembali. Intinya adalah komunikasi disini harus tetap di jaga, jangan sampai kita telat membalas email dari mereka, karena jika kita sampai telat membalas maka email tersebut sudah tidak berlaku lagi, anda harus mulai dari awal lagi dan ini tentunya mungkin bisa memerlukan waktu yang lebih lama dari sebelumnya. Sekian tips dari saya bagaimana caranya untuk mengembalikan akun twitter yang di suspended, [Tips] setelah akun anda aktif kembali jangan kebanyakan memasang aplikasi yang sekiranya mencurigakan, pasang aplikasi di twitter seperlunya dan yang penting-penting saja. Terima kasih :D

1 komentar: