Jumat, 21 Desember 2012

6 Orang yang Berhasil Melawan Obesitas

Share this history on :
Follow my Twitter : https://twitter.com/SepriPutraA

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah kesehatan yang kini banyak berkembang di masyarakat. 
Kebanyakan disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Beberapa orang mampu menurunkan berat badannya hingga puluhan kilo dengan melakukan beberapa perubahan.

Bagi orang yang mudah menyerah, menurunkan berat badan hingga puluhan kilo mungkin terdengar mustahil. Tetapi orang-orang hebat ini mampu membuktikan bahwa dirinya berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan, bahkan lebih dari 100 kilogram.

Seperti dilansir HuffingtonPost, berikut kisah sukses 6 orang yang berjuang melawan obesitas:

1. Suzi Walthall, Berhasil Menurunkan 125 kg
Suzi Walthall bermasalah dengan berat badan ketikaberusia 16 tahun, saat dai mulai mengenal minuman beralkohol dan makan berlebihan. Tanpa disadari, beratnya terus-meningkat bahkan pernah mencapai 215 kg.

Bosan menjadi bahan ejekan, Suzi yang kala itu berusia 38 tahun, memutuskan untuk berhenti minum minuman beralkohol dan berolahraga dengan intens untuk menurunkan berat badan. Suzi memilih berjalan mengelilingi kompleks tempat tinggalnya dan pada awal latihan dirinya hanya mampu menempuh jarak sejauh 0,4 km dengan kondisinya tersebut. Latihannya semakin ditambah dan dia mengikuti latihan gym. Di usia 42 tahun, bobotnya susut hingga 125 kg.



 2. Bradley James Swenson, Berhasil Menurunkan 100 kg
Pria yang kini berusia 41 tahun tersebut sehari-harinya bekerja sebagai seorang editor film, di mana dirinya lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer sambil ngemil. Pola tidur yang buruk juga berkontribusi terhadap peningkatan berat badannya yang mencapai 216 kg.

Brad mengonsumsi soda setiap harinya, makan junk food dan makanan yang sangat rendah serat. Di usia 39 tahun, Brad divonis mengalami obesitas, tingkat energi yang rendah, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan disfungsi ereksi oleh dokter. Dia pun berupaya mengubah pola hidup dengan rajin berenang dan ikut program 'water aerobics' sehingga berat badannya berkurang hingga 100 kg dan kini berat badannya 115

 



3. Jennie Lewis, Berhasil Menurunkan 152 kg
Jennie (55) dapat menghabiskan sejumlah besar pasta, nasi dan roti, dan sekantong besar keripik kentang dalam sekali duduk. Di usia 52 tahun, berat badan Jennie mencapai 224 kg. Dia bahkan kesulitan bergerak, duduk, bernapas, bahkan tidak dapat dapat berjalan ke luar rumah selama 2 tahun.

Dia pun memutuskan menurunkan berat badan, dengan mulai menggunakan sepeda tangan. Akhirnya berat badan Jennie turun secara bertahap dan dia bisa berjalan di atas treadmill sejauh 4,5 mil per jam setiap harinya. Pola makannya pun diubah dengan makan putih telur, sayuran, oatmeal, buah segar dan daging tanpa lemak, keju rendah lemak, serta salad. Kini berat badan 72 kg  berhasil diperolehnya dengan usaha keras.

 


4. Kishan Shah, berhasil menurunkan 102 kg
Ketika masih berusia 12 tahun, Kishan mengalami kegemukan hingga berat badannya mencapai 200 kg. Hal ini disebabkan gaya hidup keluarganya yang buruk karena menyukai sereal manis bergula, selalu menghabiskan waktu luang untuk menonton TV, dan tidak pernah berolahraga.

Pada 2005, Kishan bermaksud membeli pakaian resmi untuk melamar pekerjaan, tetapi ternyata tidak satu pun toko yang menyediakan ukurannya. Hal ini membuat Kishan membulatkan niat menurunkan berat badan. Usul sedot lemak ditampik Kishan. Dia memilih mempelajari ilmu nutrisi dan mengatur pola makannya dengan menghitung kalori dengan tepat setiap kali makan, serta diimbangi dengan latihan. Kini di usia 26 tahun, Kishan berhasil menurunkan berat badan  


 5. Fabiana Passoni, Berhasil Menurunkan 62 kg
Fabiana bermasalah dengan berat badan sejak remaja. Diet yang dijalani pun gagal sehingga dia merasa sudah ditakdirkan gemuk. Namun setelah melahirkan anak pertamanya, Fabiana divonis kanker dan harus menjalani operasi dan terapi radiasi. Betapa terkejutnya Fabiana ketika timbangan berat badan menunjukkan angka 147 kg yang membuatnya kesulitan memerangi kanker.

Dengan tekat kuat, Fabiana mencoba membakar lebih banyak kalori daripada jumlah kalori yang dimakannya. Dirinya mengubah pola makan menjadi 5 porsi kecil sehari yang terdiri dari sayuran, almond, putih telur, ayam dan ikan di minggu ini dan makan dengan porsi besar tapi tiga kali sehari pada minggu berikutnya. Dengan cara ini, Fabiana dapat menurunkan berat 



6. Marlon Gibson, Berhasil Menurunkan 125 kg
Marlon kecanduan makanan dan dirinya sangat menyukai makanan yang digoreng dan makanan manis. Tanpa disadari, berat badan Marlon telah mencapai 203 kg dan dokter menyatakan bahwa tekanan darahnya makin meningkat. Istri Marlon menangis setiap kali memikirkan kondisi Marlon. Sang istri bahkan ketakutan suaminya akan meninggal muda.

Hal ini memotivasi Marlon menurunkan berat badan. Dia mulai menghentikan kebiasaan makan makanan yang digoreng dan makanan olahan. Sebagai gantinya, Marlon lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta rutin menjalani latihan di gym. Hingga akhirnya Marlon kehilangan 125 kg setelah menjalani proses diet yang panjang.



 

2 komentar: