Selasa, 11 Desember 2012

Yayuk Basuki Legena Tenis Dari Indonesia

Share this history on :


Sri Rahayu Basuki atau lebih dikenal dengan nama Yayuk Basuki (lahir di Yogyakarta, 30 November 1970) adalah pemain tenis dari Indonesia dan dunia yang terkenal pada era tahun 1990-an.
Ia memulai karier profesional pada tahun 1990. Pada tahun berikutnya, ia menjadi petenis Indonesia pertama yang menjuarai turnamen profesional. Sepanjang kariernya, Yayuk berhasil memperoleh enam gelar tunggal Tur WTA dan sembilan gelar dari ganda. Prestasi terbaiknya dalam turnamen Grand Slam adalah mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997. Ia pensiun dari karier profesional pada tahun 2004.
Peringkat tertinggi yang pernah dicapainya adalah posisi ke-19 untuk bagian tunggal dan ke-9 untuk bagian ganda. Jumlah uang yang diperolehinya selama karier adalah US$1.645.049.

Tinggi                : 164 cm
Berat                 : 56 kg
Menikah          : 31 Januari 1994
Suami                : Suharyadi



Pencapaian :
  • Perolehan hadiah sepanjang karir = US $ 1.645.049
  • Rekor Karier Tunggal
    Menang-kalah: 238-171
    Peringkat tertinggi 19 (6 Oktober 1997)
  • Rekor Karier Ganda
    Menang-kalah 308-165
    Peringkat tertinggi 9 (6 Juli 1998)
(Data per 26 Januari 2007)
Prestasi :
Tunggal Putri
  • Medali emas Asian Games Bangkok, 1998
  • Medali perunggu Asian Games Hiroshima, 1994
  • Total gelar tunggal: 11 gelar (6 Corel WTA Tour, 5 ITF Women’s Circuit)
  • 1994 - Beijing, Jakarta (WTA Tour)
  • 1993 - Pattaya City, Jakarta (WTA Tour)
  • 1992 - Kuala Lumpur (WTA Tour)
  • 1991 - Pattaya City (WTA Tour), Futures/Jakarta
  • 1990 – Futures/Jakarta (Januari), Futures/Jakarta (Agustus)
  • 1989 – Futures/Bangkok, Futures/Jakarta
  • 1987 – finalis Birmingham
  • 1986 – finalis Jakarta



Ganda Putri
  • Medali emas Asian Games Seoul, 1986
  • Medali emas Asian Games Beijing, 1990
  • Total gelar ganda: 9 gelar (9 Corel WTA Tour)
  • Babak semifinal US Open 1993
  • Babak perempat final Australia Open, French Open, Wimbledon Open
  • 2001 – Dubai (berpasangan dengan Caroline Vis);
  • 2000 – Pattaya City (berpasangan dengan Caroline Vis);
  • 1997 – Los Angeles (berpasangan dengan Caroline Vis);
  • 1997 – Canadian Open (berpasangan dengan Caroline Vis); 
  • 1996 – Hobart (berpasangan dengan Nagatsuka), Strasbourg (berpasangan dengan Bradtke); 
  • 1994 – Surabaya (berpasangan dengan Tedjakusuma); 
  • 1993 – Sapporo (berpasangan dengan Miyagi), Taipei (berpasangan dengan Miyagi).
  • Finalis (8):
    1998 – Strasbourg (berpasangan dengan Caroline Vis), 1998 – Canadian Open (berpasangan dengan Caroline Vis), 1997 – Leipzig (berpasangan dengan Sukova), Moscow (berpasangan dengan Caroline Vis), 1994 – Japan Open (berpasangan dengan Miyagi), Pattaya City (berpasangan dengan Miyagi), 1992 – Tokyo [Nichirei] (berpasangan dengan Miyagi), 1991 – Nashville (berpasangan dengan Caroline Vis).
Ganda Campuran
  • Medali emas Asian Games Beijing, 1990
  • 1997 – perempat final Wimbledon (/Nijssen)
  • 1995 – perempat final Roland Garros (/Thorne)
Penghargaan :
  • WTA Sportsmanship Award, 1996 and 1998
  • TENNIS Magazine/Rolex Female Rookie of the Year, 1991
  • Indonesian Athlete of the Year (voted on by media and public), 1991
  • Atlet terbaik versi SIWO PWI Jaya, 1995
  • Nominated for 1991 WTA Tour Most Impressive Newcomer Award
  • Special award from President Soeharto of Indonesia in 1991 for outstanding contribution to sports.
Yayuk Basuki, petenis terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia ini menorehkan tinta emasnya di dunia tenis internasional. Sepanjang kariernya, Yayuk pernah mencatat kemenangan melawan petenis-petenis terbaik dunia. Sebut saja, Martina Hingis, Amelie Mauresmo, Lindsay Davenport, Gabriela Sabatini, Anke Huber, Iva Majoli, Anna Kournikova, dan Mary Pierce. Kemenangan terbaiknya adalah pada saat berhasil mengalahkan Iva Majoli yang merupakan juara French Open pada saat itu. Yayuk mewakili Indonesia pada Olimpiade 1988, 1992, 1996, dan 2000. Prestasi tertingginya di olimpiade adalah di Barcelona 1992 saat ia berhasil mencapai babak ketiga mengalahkan Mercedes Paz dan Mary Pierce.
Yayuk kecil sejak berusia lima tahun sudah bertekad ingin menjadi petenis tingkat dunia. Budi Basuki, ayahnya, terakhir menjadi anggota polisi di Purwokerto, Jawa Tengah dan ibunya, Sutini, memperkenalkan Yayuk pada tenis sekaligus melatihnya. Umur 13 tahun, Yayuk, anak kelima dari lima bersaudara ini bernaung di sebuah klub tenis di Ragunan, Jakarta, hingga tahun 1989. Ia kemudian ditangani beberapa pelatih secara bergantian, tapi yang paling besar jasanya baginya adalah Mien Gondowidjojo yang dianggapnya bukan sekadar pelatih tapi juga seperti orangtuanya sendiri. Tahun berikutnya, Yayuk masuk klub Pelita.
Yayuk mulai menekuni tenis profesional sejak kembali dari Beijing pada Oktober 1990 dan dilatih oleh George Jiri Waters. Pada turnamen Challenge II di Jakarta pada Februari 1991, Yayuk dengan peringkat 259 WTA menjadi juara. Pada awal April 1991, saat menjuarai turnamen Pattaya di Thailand, peringkatnya naik ke posisi 86 WTA. Pers dan penonton di luar negeri kemudian menjuluki Yayuk sebagai Jaguar of Asia setelah ia memenangkan turnamen tenis di Pattaya ini.
Aral melintang pernah merintangi karir Yayuk. Ia pernah merasakan dicoret dari tim Fed Cup Indonesia karena bersama Suharyadi, suami sekaligus pelatihnya dianggap lancang menulis surat ke badan dunia tenis wanita agar memilih lapangan tempat tim Indonesia bertanding. Yayuk dan Suharyadi akhirnya ‘keluar’ dari tim Indonesia setelah mundurnya Ketua Badan Tim Nasional, Wimar Witoelar yang dikenal dekat dengan pasangan ini.
Yayuk akhirnya mengambil keputusan tegas untuk mengejar target menembus 20 besar dunia. Jadwal ketat pertandingan dunia itu bersinggungan dengan jadwal SEA Games dan PON, kedua event itu terpaksa ia lewatkan. Langkahnya tidak main-main. Ia mendirikan YBM (Yayuk Basuki Management), organisasi yang kemudian mengelola semua kebutuhan bertanding Yayuk. Ia bekerjasama dengan Wimar Witoelar. Kemudian YBM dikelola oleh Robert Manurung, yang mengurusi segala kegiatan promosi, keuangan, dan program latihan Yayuk. Ia juga berharap sistem ini bisa dicontoh oleh atlet-atlet Indonesia lain jika memang ingin aktif ke ajang tenis profesional.
Ketika Yayuk masuk delapan besar Wimbledon, ia mencatatkan dirinya sebagai wanita Indonesia pertama yang masuk “Eight Club”, lembaga yang menampung para alumni delapan besar turnamen akbar itu. Dengan menjadi anggota “Klub Delapan” ini , Yayuk bisa menikmati fasilitas VIP, termasuk hotel kelas satu di mana saja.
Desas-desus kemundurannya dari dunia tenis sebenarnya sudah terdengar saat Yayuk menjuarai Asian Games di Bangkok, 1998. Pada tahun 1999, saat mengandung anaknya, ia benar-benar mengundurkan diri dari tenis profesional. Setelah melahirkan, PB Pelti menginginkan agar ia aktif kembali.
Yayuk memang terlahir sebagai keluarga pencinta tenis. Ayahnya, Budi Basuki, mantan pemain tenis meja PON, 1954. Bukan hanya tenis meja, tenis lapangan pun dikuasainya selain bulutangkis. Sang ibu juga hobi dengan bulutangkis dan tenis. Saking hobinya berolahraga, sampai-sampai Sutini tidak sadar bahwa ia sedang mengandungi bayinya, Yayuk Basuki. Kakaknya Nani Sudarmi adalah petenis tingkat nasional era 1980-an.
Kenangan terakhir Yayuk dalam meraih peringkat tertingginya yaitu saat mengikuti Turnamen Birmingham, Juni 1997. Di turnamen ini Yayuk berhasil menembus babak final, meski gagal meraih juara lantaran terjegal Nathalie Tauziat dari Perancis. Terakhir, Yayuk sempat masuk perempat final dalam pentas Wimbledon sebelum kalah dari Jana Navotna yang keluar sebagai juara, prestasi ini membuatnya mencapai peringkat ke- 19.
Yayuk menikah dengan Suharyadi tanggal 31 Januari 1994 di Yogyakarta.,setelah pensiun mereka mendirikan PT Yarynara 19, yang merupakan nama anaknya dan angka 19 merupakan peringkat tertinggi yang pernah di capai, perusahaan ini bergerak di bidang advertising, event organizer olahraga. Selain itu Yayuk juga menjadi pelatih tenis, komentator tenis di televisi dan media cetak, serta konsultan menteri pemuda dan olahraga.
Yayuk pensiun dari dunia profesional pada tahun 2004, namun pada Maret 2008 ia kembali bermain di ajang ITF Tour pada cabang ganda putri dan sampai sekarang telah memenangkan enam gelar ITF. Ia menjadi juara di Bangkok pada Juni 2008 berpasangan dengan Tiffany Welford. Dilanjutkan pada Agustus 2008 ia berpasangan dengan Romana Tedjakusuma di Hechingen, Jerman. Bulan Oktober, Yayuk kembali berpasangan dengan Romana menjadi juara di Augusta, Amerika Serikat. Tahun 2009 Yayuk menjadi juara di Balikpapan dilanjutkan di Goyang dan Gimhae, Korea Selatan, kembali bersama Romana. Pada Australia Open 2010 lalu, Yayuk ikut berpartisipasi berpasangan dengan Kimiko Date. Bahkan beberapa hari lalu, Yayuk yang hampir berusia 40 tahun mampu menembus babak perempat final ajang Taipei Open berpasangan dengan Jessy Rompies. Di bulan November ini juga Yayuk berpasangan dgn Jessy akan membela Indonesia di ajang Asian Games XVI Guangzhou China.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar