Minggu, 10 Maret 2013

Hubungan Antara Olahraga Dengan Bahagia

Share this history on :
Olahraga bukan hanya bisa menyehatkan badan dan melangsingkan tubuh tapi juga bisa bikin kita bahagia. Apa hubungannya?
Perasaan nyaman dan bahagia akan memenuhi hati setelah selesai olahraga karena ketika berolahraga akan terjadi pelepasan endorfin sehingga kita pun merasa tenang. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam the American Journal of Epidemiology, diketahui aktivitas olahraga secara rutin sangat berpengaruh besar pada kebahagiaan seseorang.
Tim peneliti dari Kanada menganalisa data dari 8 National Population Health Survey dengan periode 15 tahun untuk mengetahui kaitan antara level aktivitas fisik dengan kebahagiaan. Hasil penelitian menunjukkan, perubahan kebiasaan, misalnya dari tidak berolahraga menjadi aktif berolahraga akan berpengaruh pada mood seseorang dalam jangka panjang. Singkatnya, membangun kebiasaan berolahraga bisa menjadi investasi bagi rasa bahagia di masa depan.
Selain itu, orang yang rajin berolahraga juga cenderung lebih awet muda sehingga mereka pun lebih bahagia. Olahraga, seperti joging atau berlari, akan memperlancar sirkulasi oksigen dan peredaran darah. Dengan darah yang lancar, nutrisi ke seluruh jaringan kulit tidak terhambat. Selain kesegaran sel-sel terpelihara, hal itu juga membantu mengaktifkan produksi kolagen untuk melembabkan kulit.
Disamping itu, olahraga juga bisa membuang rasa malas, jenuh, stress atau galau yang sedang kita alami. Apalagi jika kita berolahraga bersama dengan keluarga atau teman. Manfaatnya bisa lebih banyak lagi. Kita bisa bercanda, tertawa atau berbagi cerita. Olahraga bersama bisa menjadi sarana rekreasi.
Hubungan antar pribadi pun akan semakin erat. Rasa persaudaraan dan persahabatan akan semakin kuat. Masalah apapun yang sebelumnya membebani kita akan terlupakan. Badan dan pikiran akan menjadi segar. Solusi terbaik pun bisa kita dapatkan.
Mau bahagia? ayo kita olahraga rutin…

1 komentar: