Senin, 18 Maret 2013

Mengapa Sendi Berbunyi Saat Diregangkan?

Share this history on :
Pernahkah Anda menekuk jari-jari hingga berbunyi "krak"? Selain di jari, umumnya bunyi ini juga terdengar saat seseorang meregangkan tubuh. Bagi sebagian orang, aktivitas ini terlihat menyenangkan, apalagi jika dilakukan dalam kondisi badan yang lelah. Tapi, bagi sebagian orang, hal ini terlihat menyeramkan, karena bisa berujung pada masalah cedera sendi.

Biasanya, sendi tubuh yang sering bergemeretak adalah bagian buku-buku jari, punggung, leher, lutut, pergelangan kaki, dan siku. Hal tersebut karena, saat diregangkan, sendi mengeluarkan gas yang terdapat di dalamnya. Bunyi gemeretak juga dapat dipicu oleh gesekan tendon dan ligamen dalam sendi.

Sendi yang sehat terdiri atas tulang yang dikelilingi oleh tulang rawan yang halus, yang dilindungi oleh sebuah kapsul yang dilapisi dengan membran sinovial yang menghasilkan cairan. Cairan ini berisi oksigen, nitrogen, dan gas karbon dioksida.
Ketika sendi diregangkan, bunyi gemeretak tersebut merupakan hasil dari kapsul sendi yang diregangkan dengan cepat, yang menyebabkan pembentukan dan pelepasan gelembung gas.

Pada sendi yang tidak sehat, tulang rawan mengalami kerusakan, sehingga suara gemeretak dapat terdengar ketika terjadi gesekan, yaitu saat Anda menggerakkan tubuh secara normal, seperti yang dilansir Wisegeek.

Beberapa ahli percaya bahwa meregangkan sendi hingga menimbulkan suara gemeretak dengan sengaja dapat menyebabkan sendi menjadi tidak sehat. Tetapi, banyak pula yang berpendapat rasa pegal atau nyeri pada sendi dapat hilang jika meregangkannya hingga menimbulkan suara gemeretak.
Yang pasti, jika mengalami rasa sakit atau sendi Anda membengkak, segera konsultasi ke dokter. Para dokter biasanya akan merekomendasikan obat untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakan atau memeriksa kerusakan ligamen, tendon, atau tulang rawan. (

1 komentar: