Minggu, 31 Maret 2013

Orang-Orang Yang Terkenal Karena Jujur

Share this history on :
Follow my twitter : https://twitter.com/SmanpaOKU4

Saat ini kejujuran merupakan salah satu sifat baik yang sepertinya mulai hilang dari kehidupan manusia. Berbagai macam kecurangan dan kebohongan dilakukan demi mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya. Di negeri kita ini bahkan kita bisa mendengar berbagai berita tentang kecurangan dan kebohongan yang dilakukan oleh para elit. Tapi syukurlah ternyata kejujuran belum benar-benar punah dari muka bumi. Masih ada beberapa orang yang mampu memberikan contoh akan kejujuran kepada dunia dan karena perilaku mereka yang "tidak biasa" ini merekapun lalu menjadi terkenal.
1. Billy Ray Harris
Billy Ray Harris Orang Yang Terkenal Karena Kejujurannya
Harris adalah seorang pengemis dan tuna wisma yang berasal dari Amerika Serikat. Pada suatu hari ada seorang wanita yang memberikan uang koin padanya. Sarah Darling, nama wanita itu, ternyata secara tak sengaja juga menjatuhkan sebuah cincin berlian yang berada di dalam dompetnya ke dalam gelas sumbangan Harris.
Keesokan harinya Darling baru menyadari bahwa cincinnya hilang dan berusaha untuk mencarinya, ia kemudian teringan kepada Harris dan berusaha untuk menanyakan cincin itu padanya. Dengan jujur Harris mengatakan bahwa cincin itu memang ada padanya dan Harris sengaja menunggu Darling datang selama beberapa hari ini untuk mengembalikan cincin itu.
Darling dan suaminya yang merasa terkesan akan kejujuran Harris lalu membuat sebuah situs online yang menceritakan kejujuran Harris dan menggumpulkan dana untuk membantu kehidupan Harris. Setelah 90 hari mereka berhasil mengumpulkan sekitar 1,1 milyar rupiah untuk diberikan pada Harris. Salah seorang penyumbang berkata apa yang dilakukan Harris adalah sesuatu yang luar biasa dan hal ini menjadi bukti bahwa masih ada sisi manusiawi di dunia ini.

2. Todd Little Dan Edwin Workman
Todd dan Workman bekerja Hickory, Departemen Kebersihan di North Carolina. Pada saat mereka sedang bekerja pada malam tahun baru di tahun 2004 secara tidak sengaja mereka menemukan sebuah amplop di dalam kantong baju yang telah dibuang. Di dalam amplop itu ternyata tersimpan uang sebesar $ 5.100.
Tanpa pikir panjang mereka segera kembali kerumah tersebut untuk menyerahkan uang itu pada pemiliknya, tapi ternyata sang pemilik rumah sedang tidak ada di rumah. Mereka tidak menyerah, malam harinya mereka kembali lagi kerumah tersebut dan menyerahkan uang dalam aplop itu kepada pemiliknya.
Workman berkata bahwa tak ada pikiran apapun saat mereka menemukan uang tersebut, mereka mengetahui siapa pemiliknya dan mereka bertekat untuk mengembalikannya. Belakangan diketahui bahwa sang istri membuang pakaian itu saat sang suami sedang pergi berburu, sang istri membuang pakaian-pakaian itu karena sudah usang.

3. Katsumasa Hibino
Katsumasa Hibino Orang Yang Terkenal Karena Kejujurannya
Katsumasa Hibino adalah seorang pria Jepang yang baru saja pindah ke rumah barunya. Saat sedang mencari jalur listrik untuk tv kabel di ventilasi atap rumahnya secara tidak sengaja ia menemukan sebuah kotak hitam. Di dalam kotak itu ia menemukan uang sebesar $ 10 ribu.
Tanpa pikir panjang ia lalu menelepon polisi untuk menyerahkan uang itu. Menurutnya ia memang membeli rumah tersebut, tapi uang yang ia temukan tidak termasuk dalam perjanjian jual beli rumah yang telah ia lakukan.

4. Agus Chaerudin

Agus Chaerudin Orang Yang Terkenal Karena Kejujurannya
Kisah satu ini tentang kejujuran orang Indonesia. Agus Chaerudin adalah seorang office boy yang bekerja di Bank Syariah Mandiri. Pada suatu sore saat sendang bersih-bersih Agus menemukan sepuluh bundel uang yang tergeletak di tempat sampah. Agus lalu berteriak untuk memanggil satpam untuk mengamankan uang itu.

Uang senilai Rp 100 juta itu sendiri ternyata bukan uang milik nasabah melainkan uang milik pihak bank yang tak sengaja terbuang karena kesalahan teller. Pihak bank yang merasa bangga akan kejujuran Agus kemudian menghadiahkan sebuah piagam dan uang senilai Rp 1,75 juta kepada Agus yang telah 3 tahun bekerja di bank tersebut.


5. Amir Azizan Hasyim

Amir Azizan Hasyim Orang Yang Terkenal Karena Kejujurannya
Pada suatu hari saat sedang pergi membeli koran untuk Ibunya, Amir melihat seorang wanita yang berada di tempat parkir sebuah swalayan. Wanita itu sepertinya lupa telah meletakkan tas tangannya diatas mobil dan langsung saja pergi mengendarai mobilnya sehingga tas tangan itu terjatuh. Amir kemudian mengambil tas tangan itu dan berusaha mengejar si wanita dengan sepedanya.

Sekitar 200 meter kemudian Amir berhasil menghentikan si wanita dan menyerahkan tas yang berisi uang sekitar $ 15 ribu. Si wanita sempat ingin memberikan uang sebagai imbalan namun Amir menolaknya. Siswa pemalu yang bersekolah di SMK Dato Syed Esa ini kemudian menjadi pusat perhatian di Malaysia dan negara-negara di sekitarnya.

6. Joi Lyn Honer

Joi Lyn Honer Orang Yang Terkenal Karena Kejujurannya
Pada saat sedang menggunakan ATM, Lyn secara tidak sengaja menemukan uang sebesar $ 20 ribu yang terseletak di samping ATM. Tanpa pikir panjang ia lalu menyerahkan uang terebut ke pihak kepolisian.

Perusahan penyalur yang menjadi pemilik uang itu pun mengaku sangat berterimakasih pada Lyn dan memberinya hadiah $ 500. Lyn sendiri mengaku tidak menyesal atas tindakan yang telah diambilnya tersebut, dia bahkan merasa cukup senang atas hadiah uang yang diterimanya.

7. Saih

Pada suatu hari di dekat tempat pemancingan Saih menemukan sebuah tas. Ia kemudian memeriksa tas tersebut yang ternyata berisi minuman, alat kecantikan, dompet amplop dan uang. Saih pun kemudian terbayang betapa kasihannya orang yang kehilangan tas itu dan pergi untuk mencari pemiliknya.

Tak lama kemudian saat sedang berjalan Saih menemukan seorang wanita yang tampak sedang kebingungan mencari tasnya. Saat ditanya Saih langsung memberitahu bahwa ia yang menemukan uang tas tersebut dan menyerahkannya. Wanita itu kemudia mengantarkan Saih pulang dan berulang kali mengucapkan terimakasih karena telah mengembalikan tas yang katanya berisi uang tunai sekitar Rp 400 jutaan itu.


8. Debbie Cole

Pada saat sedang berjalan di kawasan Florida, Debbie Cole melihat beberapa bungkusan sampah yang terjatuh dari sebuah truk. Tak ada seorang pun yang tampak peduli dengan sampah itu bahkan beberapa diantaranya telah beberapa kali terlindas mobil. Debbie kemudian mengambil bungkusan sampah tersebut dan ternyata salah satunya berisi uang senilai $ 65 ribu.

Sempat kaget karena penemuannya Debbie kemudian meminta atasannya untuk menghubungi polisi. Setelah diselidiki ternyata uang itu terjatuh dari mobil yang digunakan sebagai transportasi pengisian uang. Saat ditanya apakah pernah terpikir olehnya untuk memiliki uang tersebut, Debbie menjawab bahwa hal itu sama sekali tak pernah terlintas dalam pikirannya.

9. Mark Morant

Mark Morant adalah seorang petugas keamanan yang bekerja di Cleveland, Amerika. Pada suatu hari saat ia menemukan bungkusan uang yang terjatuh dari sebuah mobil pengangkut di sebuah perumahan di dekat tempanya bekerja. Ia lalu membawa uang itu pulang. Setelah menyimpannya dan bermaksud untuk menggunakannya Mark lalu mengembalikan uang senilai $ 640 ribu itu.

10. Sia Ka Tian

Sia Ka Tian Orang Yang Terkenal Karena Kejujurannya
Sia Ka Tian adalah seorang sopir di Singapura. Suatu hari setelah mengantarkan penumpangnya, dua turis asal Thailand, ia menemukan sebuah tas di kursi belakang taksinya. Ia kemudian membawa tas yang ternyata berisi uang tersebut, setelah dihitung ternyata uang dalam tas itu berjumlah sekitar Rp 1,1 milyar. Merasa uang itu bukan miliknya Ia lalu menyimpan kembali uang tersebut.

Kedua turis pemilik uang tersebut ternyata menelepon ke perusahaan taksi tempat Sia bekerja. Ia lalu mengembalikan uang itu kepada pemiliknya. Sebagai ucapan terimakasih kedua turis itu memberi Sia sejumlah uang.

11. Jerry Mika

Jerry Mika menjadi salah satu orang yang paling banyak dibicarakan di Amerika karena kejujurannya mengembalikan cek senilai lebih dari $ 2 juta, hampir Rp 20 milyar. Kisah ini bermula ketika Jerry sedang mengambil cek pengembalian senilai $ 15 dari Departemen Perdagangan Utah. Setelah menerima cek terebut Jerry menjadi kaget karena nilai yang tertera pada cek tersebut sebesar $ 2.245.342.

Jerry yang sempat tergoda dengan jumlah uang itu sempat berusaha mencairkannya. Ia juga mulai merancang barang apa saja yang akan Ia beli dengan uang tersebut. Tapi Jerry kemudian mengambil jalan yang benar, ia mengembalikan cek tersebut yang kemudia digunakan untuk membantu rakyat miskin di Nepal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar